GuidePedia

0
Mengetahui Masalah Pada Relay atau Tanda Relay Rusak
Salah satu tanda relay rusak adalah ketika di beri aliran arus listrik pada gulungan spull atau diberi aliran arus listrik pada coil magnet relay, kontak pada relay tidak bisa terhubung atau tidak tertarik oleh medan magnet. Hal tersebut diatas bisa diartikan coil atau gulungan spul relay putus atau terjadi short pada gulungan relay atau pun coil relay hangus sehingga kemagnetan untuk menarik kontak relay berkurang.
Yang kedua adalah ketika coil pada relay diberi arus listrik dan kontak relay terdengar bunyi karena kontak relay bergerak tetapi antara kontak relay tidak terhubung sehingga tidak bisa mengalirkan arus listrik pada kontak-kontak relay tersebut. 


Untuk hal yang kedua diatas bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah:
Kontak relay hangus atau terhalang oleh kerak, sebagai akibat arus listrik yang melewati kontak tersebut.
Plat pada Kontak relay putus
Plat pada kontak relay sudah lemah sehingga kontak relay tidak bersentuhan dengan baik. 

Cara perbaiki relay yang tidak berfungsi atau rusak adalah dengan melihat bagian mana pada relay yang tidak berfungsi, apakah coil atau gulungan relay atau kontak relay nya,lihat pada gambar di bawah.

Kalau coil relay atau gulungan relay rusak secara otomatis tidak bisa di perbaiki tetapi harus ganti relay baru.
Kalau yang tidak bekerja pada kontak relay karena terdapat kotoran atau kerak atau karena plat yang sudah lemah(bengkok) masih bisa diperbaiki relay tersebut dengan cara membersihkan kontak relay dan perbaiki lekukan pada plat kontak relay.
Untuk kondisi darurat perbaikan pada kontak relay bisa dilakukan, tetapi lebih baik lakukan penggantian relay yang rusak tersebut agar arus listrik maksimal mengalir melewati relay.

Post a Comment

 
Top