GuidePedia

0

Mengetahui beberapa bagian pada sistem rem mobil yang menjadi penyebab rem mobil bunyi ketika sedang melakukan pengereman.Terdengar bunyi bunyi berdecit ketika sedang ngerem kendaraan tentu saja akan terdengar sangat mengganggu, apalagi jika kendaraan dipakai untuk kendaraan niaga untuk kenyamanan penumpang.Rem mobil bunyi biasanya terdengar ketika kita injak pedal rem tidak terlalu penuh, karena pengereman juga dilakukan secara bertahap sampai mobil berhenti.
Terdapat beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab rem cakram bunyi, diantaranya adalah:
  1. Permukaan discbrake terlihat mengkilat, biasanya juga disertai permukaan kampas rem juga mengkilap, ini biasanya terjadi karena kualitas kampas rem yang digunakan.
  2. Permukaan disc brake atau piringan rem yang tidak rata, ini biasa terjadi karena keausan disc brake, jika permukaan disc brake tidak rata kemudian dilakukan penggantian kampas rem, besar kemungkinan rem mobil akan lebih cepat timbul bunyi. Hal ini biasanya dilakukan pembubutan terhadap permukaan disc brake atau mengganti discbrake. Permukaan discbrake yang tidak rata akan menyebabkan kampas rem tidak rata pula mengikuti bentuk permukaan discbarake.
  3. Pen caliper seret, pen caliper yang seret mungkin akibat greasing yang mengering akan menimbulkan bunyi juga ketika mengerem. Disamping itu Pen caliper seret atau macet akan membuat kampas rem tebal sebelah atau ketebalan yang jauh bedanya antara kampas rem dalam dan luar setelah beberapa lama pemakaian. Cara mengatasi atau perbaikannya adalah dengan membersihkan pen caliper dan memberikan grease khusus (rubber grease). Silakan lihat Cara Bongkar Pasang Rem Mobil.
  4. Piston rem Macet, piston rem macet bisa disebabkan oleh kemungkinan karatan pada dinding piston, biasa terjadi karena kerusakan karet boot yang terdapat pada piston rem (boot robek), sehingga timbul karat pada dinding piston.
  5. Terdapat benda asing berada diantara kampas rem dan discbrake, ini juga biasa terjadi untuk kampas rem yang memiliki sudut tirus pada ujung-ujung kampas rem. Contoh yang sering ditemui adalah ketika mobil baru saja melewati jalan yang baru diaspal, kerikil-kerikil kecil atau aspal kecil-kecil akan terjebak di bagian ujung tirus kampas rem, sehingga efek akan terdengar bunyi saat ngerem ketika kerikil aspal ini bersentuhan dengan disc brake yang berputar.
  6. Pada contoh kampas rem habis diatas menyebabkan bunyi keras dari roda sewaktu ngerem. Kalau diperhatikan kita bisa lihat dua kampas rem tersebut memiliki ketebalan yang berbeda yang satu masih tebal sebelahnya sudah tipis atau bahkan habis, hal tersebut atau kampas rem yang cepat habis sebelah ini disebabkan oleh pen caliper macet atau tidak dapat bergerak.

Post a Comment

 
Top